Daftar isi |
Sejarah
Berawal dari gagasan Prof. Sedyatmo (alm), seorang guru besar di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1960 disebut dengan nama Tri Nusa Bimasakti yang berarti penghubung antara tiga pulau yaitu Pulau Sumatera, Pulau Jawa dan Pulau Bali kemudian pada tahun 1965 Soekarno sebagai Presiden RI memerintahkan kepada ITB agar melakukan uji coba desain penghubung yang hasil dari percobaan tersebut berupa sebuah terowongan tunel dan pada awal Juni 1989 terselesaikan dan diserahkan kepada Soeharto selaku Presiden RI pada saat itu dan kemudian pada tahun 1997 Soeharto sebagai Presiden RI memerintahkan kepada BJ Habibie selaku Menristek agar mengerjakan proyek yang diberi nama Tri Nusa Bimasakti, Pada tahun 1990an Prof. Wiratman Wangsadinata dan Dr.Ir. Jodi Firmansyah melakukan pengkajian uji coba desain kembali terhadap perencanaan penghubungan antara Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera, pada hasil pengkajian menyatakan bahwa penghubung dengan melalui sebuah jembatan ternyata lebih layak bila dibandingkan dengan penghubung dengan melalui sebuah terowongan dibawah dasar laut untuk penghubung Pulau Sumatera dan Pulau Jawa.[4] sedangkan untuk Jembatan Selat Bali yang menghubungkan antara Pulau Jawa dengan Pulau Bali belum terlaksana dikarenakan pemerintahan daerah Provinsi Bali belum bersedia [5]Pra-Studi Kelayakan
Pra-Studi Kelayakan Jembatan Selat Sunda ini telah diserahkan pada Gubernur Banten, Lampung dan pemerintah pusat dalam suatu acara khusus bertempat di Hotel Borobudur Jakarta, pada hari Kamis tanggal 13 Agustus 2009. [6] selanjutnya akan melibatkan 10 provinsi yang berada pada Pulau SumateraDengan dilakukan revisi Peraturan Presiden No. 67 Tahun 2005 maka dibentuk kembali kelompok studi kelayakan (feasibility study) yang terdiri dari soal teknis, tata ruang dan keekonomian serta sosial [7] realisasi proyek Jembatan Selat Sunda masih perlu waktu kaji satu hingga satu setengah tahun lagi [8]
Data Teknik
Teknologi terapan Delta Qualstone S.K.125 telah memiliki sertifikat Hak Paten di Indonesia dan telah diuji di Balai Besar Pengujian Barang dan Bahan Teknik (B4T) Bandung, terdaftar pada Business Technology Center - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BTC-BPPT), serta Teknologi Delta Qualstone SK 125 ini memberikan toleransi terhadap gempa hingga 9 skala richter (Data teknik: sementara dapat dilihat disini)RUTE
- Pulau Jawa - Pulau Ular sepanjang 3 kilometer merupakan jalan layang (viaduct)
- Pulau Ular - Pulau Sangiang sepanjang 8 kilometer akan merupakan jembatan gantung (suspension bridge)
- Pulau Sangiang sepanjang 5 kilometer merupakan jalan raya darat dan rel kereta api
- Pulau Sangiang - Pulau Panjurit sepanjang 8 kilometer akan merupakan jembatan gantung (suspension bridge)
- Pulau Panjurit sepanjang 7,6 kilometer merupakan jalan raya darat dan rel kereta api
- Pulau Panjurit - Pulau Sumatera sepanjang 3 kilometer merupakan jalan layang (viaduct) [9]
Perencanaan awal
Sebuah gagasan untuk membangun sebuah terowongan tunel dibawah tanah dan 40 meter di bawah dasar laut sebagai penghubung antara Pulau Jawa dengan Pulau Sumatra [10]Lihat pula
Referensi
- ^ Jembatan Selat Sunda
- ^ Biaya Bangun Jembatan Selat Sunda Rp100 Triliun
- ^ 2009 Sukses dengan Suramadu, PU Langsung Garap Selat Sunda di 2010
- ^ Di Balik Persiapan Proyek Jembatan Selat Sunda (2)
- ^ Pemerintah Bangun Jembatan Sumatera-Jawa-Bali 2006
- ^ Pra-FS Jembatan Selat Sunda Selesai
- ^ Perpres Jembatan Selat Sunda Sudah Terbit
- ^ Proyek Jembatan Selat Sunda Perlu Kajian Setahun Lagi
- ^ BPPT Teknologi, Masterplan for The Jawa - Sumatera Brigde Project, Jakarta (1997).
- ^ PT. NUSANTARA TUNNEL INDONESIA
Pranala luar
- (Indonesia)Situs web resmi Jembatan Selat Sunda
- (Indonesia)Pranala visual Youtube perencanaan Jembatan Selat Sunda
- (Inggris)Aglionby, John, "Indonesia plans world’s longest bridge", Financial Times, 3 Januari 2007. Diakses pada 12 Juni 2009.
- (Indonesia)Garap Jembatan Selat Sunda - LAMPUNG-BANTEN MAU BENTUK KONSORSIUM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar