Senin, 31 Maret 2014

Indahnya Teluk Kiluan Lampung

 
Tiada henti negeri kepulauan bernama nusantara ini menyajikan keindahan pantai-pantainya. Yang ini berada di Propinsi Bandar Lampung tepatnya di Kabupaten Tanggamus, Lampung Barat. Yaa, Teluk Kiluan namanya. Teluk yang berada di barat daya Kota Lampung ini rupanya memiliki keindahan tersembunyi dibalik letaknya yang terpencil. Perpaduan jernih air serta butiran pasir halus di seluruh penjuru pantai yang mengelilingi teluk ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi kalangan wisatawan. Khususnya di Pulau Kiluan yang berada di tengah teluk ini. Selain panorama alam yang mengesankan ini, ada lagi yang membuat tempat ini menarik perhatian wisatawan. Hampir setiap pagi hari kawanan lumba-lumba beratraksi di teluk ini.
Melihat dari dekat kawanan lumba-lumba menari di permukaan laut menjadi pengalaman tersendiri saat mengunjungi Teluk Kiluan. Teluk ini memang menjadi jalur migrasi lumba-lumba jenis mulut botol. Mungkin perairan hangat ini masih terjaga keasrian ekosistemnya sehingga menjadi tempat yang nyaman bagi mereka untuk singgah setelah mengarungi Samudera Hindia.
Sebenarnya Teluk Kiluan sudah menjadi destinasi favorit bagi wisatawan mancanegara sedari tahun 1995 silam. Kala itu belum banyak wisatawan domestik mengenal kawasan ini. Bahkan masyarakat Lampung pun saat ini masih banyak yang tidak tahu akan keberadaan tempat eksotis ini. Mungkin karena minimnya informasi serta akses untuk menjangkau Teluk Kiluan yang amat sulit. Berdasarkan info yang di dapat, kira-kira pada tahun 2004 barulah objek wisata ini mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik.
Tidak mudah memang untuk mencapai lokasi ini khususnya melalui jalur darat. Dari pusat kota Lampung memerlukan waktu sedikitnya 3-4 jam perjalanan. Jangan harap seluruhnya merupakan jalan beraspal mulus nan datar. Naik turun bukit yang berkelok serta medan "off road" adalah kenyataan yang harus dilalui jika ingin mengunjungi Kiluan. Ditambah lagi dengan minimnya petunjuk jalan menambah derita tak berujung untuk mencapai Teluk Kiluan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar