Rabu, 28 Agustus 2013

PT DI siapkan 100 unit pesawat N-219 pesanan Lion Air




PT DI siapkan 100 unit pesawat N-219 pesanan Lion AirIndustri pesawat dalam negeri garapan PT Dirgantara Indonesia (DI) nampaknya kembali bergairah. Salah satu maskapai penerbangan Indonesia, Lion Air telah memesan 100 unit pesawat tipe N-219 hingga 2024 nanti.
Manajer Komunikasi PT DI Sonny Saleh Ibrahim menuturkan, saat libur lebaran telah terjadi pertemuan antara Direktur Utama PT DI Budi Santoso dengan CEO Lion Air Rusdi Kirana.
"Lion Air merencanakan memesan 100 unit N-219. Itu pesawat multiguna 19 penumpang. Kita sudah merintis pengembangannya sejak 2007," ucap Sonny ketika dihubungi wartawan di Jakarta, Jumat (16/8).
Menurut Sonny, PT DI akan segera menyelesaikan dua unit prototype pesawat tipe N-219 pada tahun 2015. Kemudian, produksi sesi pertama akan menghasilkan 4 unit pesawat yang rampung pada 2016.
"Setelah unit pertama itu, kapasitas produksi menjadi 12 unit per tahun. Jadi unit ke-100 akan selesai pada tahun 2024," katanya.
Selain itu, Sonny juga memberikan bocoran harga pesawat tersebut yang berani bersaing dengan pesawat setipe. "Harga kita terjangkau dan bersaing dengan pesawat sekelasnya atau lebih kecil yaitu disekitar USD 4,5-5 juta," tambahnya.
Kerja sama PTDI dengan Lion Air akan diformalkan pada acara perayaan Hari Teknologi Nasional dengan menanda-tangani suatu dokumen legal atau Mou (minimal MoU). Acara ini akan dihadiri langsung oleh Direktur Utama PT DI dan CEO Lion Air.
"Kita harapkan disaksikan oleh Menristek, Ka LAPAN, (Menhan kalau ada) serta petinggi yang kebetulan diundang oleh Kemristek atau Kemhan," tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar